Wednesday, December 5, 2018

1. RPP 3.1 - Sepak Bola

title

(RPP)

Nama Sekolah : SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Kelas/Semester : VII / Ganjil

Materi Pokok : Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola

Alokasi Waktu : 5 Minggu x 3 JP @40 Menit

A. Kompetensi Inti

 KI1 dan KI2 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan

bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak

di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,

negara, dan kawasan regional.

 KI3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan

metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya

tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,

kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 KI4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,

kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai

dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator

3.1.Memahami aktifitas permainan bola 3.1.1.Mengidentifikasi-kan berbagai aktifitas

besar melalui permainan sepak bola pembelajaran Gerak Spesifik Menendang

Bola, Menghentikan Bola, Menendang dan

Menghentikan Bola, dan Menggiring Bola

Dalam Permainan Sepak Bola.

3.1.2.Menjelaskan Berbagai Aktifitas

Pembelajaran Gerak Spesifik Menendang

Bola, Menghentikan Bola, Menendang Dan

Menghentikan Bola, Dan Menggiring Bola

Dalam Permainan Sepak Bola.

3.1.3.Menjelaskan Teknik Melakukan Gerakan

Menendang Bola, Menghentikan Bola,

Menendang dan Menghentikan Bola, dan

Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak

Bola.

4.1.Mempraktekkan aktifitas permainan 4.1.1.Melakukan berbagai aktifitas pembelajaran

bola besar melalui permainan sepak gerak spesifik menendang bola, menghentikan

bola bola, menendang dan menghentikan bola, dan

menggiring bola dalam permainan sepak bola.

4.1.2.Melakukan berbagai aktifitas pembelajaran

gerak spesifik menendang bola, menghentikan

bola, menendang dan menghentikan bola, dan

menggiring bola dalam permainan sepak bola.

4.1.3.Melakukan teknik melakukan gerakan

menendang bola, menghentikan bola,

menendang dan menghentikan bola, dan

menggiring bola dalam permainan sepak bola.

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :

1. Menunjukkan sikap kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, dan menerima

kekalahan/kemenangan selama mengikuti kegiatan pembelajaran.

2. Menjelaskan pengertian sepak bola, asal-usul sepak bola, lapangan dan perlengkapan

dalam permainan sepak bola.

3. Mengidentifikasikan berbagai gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola

permainan sepak bola dengan benar.

4. Menjelaskan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak

bola dengan benar.

5. Menjelaskan teknik melakukan gerakan menendang, menahan dan menggiring bola

permainan sepak bola dengan benar.

6. Melakukan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak

bol dengan benar.

7. Menggunakan gerak spesifik menendang, menahan dan menggiring bola dalam bentuk

permainan sepak bola yang dimodifikasi dengan menunjukkan sikap kerja sama, tanggung

jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan/kemenangan selama pembelajaran.

D. Materi Pembelajaran

1. Pengertian dan asal-usul sepak bola

2. Lapangan dan perlengkapan permainan sepak bola

3. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik permainan sepak bola

a. Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola

1) Aktivitas pembelajaran menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam

2) Aktivitas pembelajaran menendang dengan menggunakan punggung kaki

3) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik menendang dengan menggunakanpunggung

kaki bagian dalam

4) Aktivitas pembelajaran menendang dengan menggunakan punggung kakibagian

luar

b. Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan kakibagian dalam.

1) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik menghentikan bola yang bergulir ditanah

dengan kaki bagian dalam

2) Aktivitas pembelajaran gerak dasar menghentikan bola dengan kura-kurakaki

c. Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola

1) Aktivitas pembelajaran gerak dasar menendang dan menahan bola berpasangan

2) Aktivitas pembelajaran gerak dasar menendang dan menahan bolaberkelompok

a) Aktivitas pembelajaran 1 : bermain 2 lawan 1

b) Aktivitas pembelajaran 2 : bermain 3 lawan 1

c) Aktivitas pembelajaran 3 : bermain 3 lawan 1

d) Aktivitas pembelajaran 4 : bermain 3 atau 4 pemain

d. Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling)

1) Aktivitas pembelajaran gerakan dasar bola dengan kaki bagian dalam

2) Aktivitas pembelajaran dasar menggiring bola dengan kaki bagian luar

3) Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola dengan punggung kaki

4) Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerakan menggiring bola (dribbling)

a) Aktivitas pembelajaran menggiring bola berpasangan dan berhadapan

denganjarak kurang lebih 5 – 7 meter.

b) Aktivitas pembelajaran menggiring bola dengan berlari berantai

memutarbendera dalam bentuk kelompok.

c) Aktivitas pembelajaran menggiring bola mengikuti gerakan teman yangdi

depan.

d) Aktivitas pembelajaran lomba dalam menggiring bola melewati bendera

yangdipasang zig-zag.

e) Aktivitas bermain sepak bola dengan menggunakan peraturan dimodifikasi.

E. Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.

 Pendekatan Scientific

 Metode Discovery Learning

 Penugasan

 Project Based Learning.

 Problem-Based Learning.

F. Media Pembelajaran

1. Media:

a. Gambar gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.

b. Video pembelajaran gerak menendang, menahan dan menggiring bola permainan

sepak bola.

c. Model siswa atau guru yang memperagakan gerak menendang, menahan dan

menggiring bola permainan sepak bola.

2. Alat dan Bahan:

a. Lapangan permainan sepak bola atau lapangan sejenisnya (lapangan bola voli,

halaman sekolah atau lapangan terbuka).

b. Sepak bola atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).

c. Beberapa gawang dan bola yang dimodifikasi.

d. Bendera (corong) atau sejenisnya (kursi atau bilah bambu).

e. Peluit dan Stopwatch.

f. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP

PJOK SMP/M.Ts).

G. Sumber Belajar

- Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP kelas VII Kurikulum

2013 edisi revisi 2016

- Buku PJOK lain yang relevan

- Internet

- Narasumber

- Lingkungan sekitar dan sumber lain yang relevan

H. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 (3 x 40 Menit)

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI

WAKTU

Pendahuluan  Orientasi 15 Menit

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa

sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk

memulai pembelajaran.

 Presensi

Memeriksa kehadiran peserta didik dan menanyakan kondisi

kesehatan peserta didik secara umum.

 Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi

terlebih dahulu untuk membangkitkan minat belajar peserta

didik dengan cara:

- Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang

akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi

awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari

sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan

sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang

akan dipelajari

 Motivasi

- Menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan

mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam

kehidupan sehari-hari.

- Jika materi pelajaran dikerjakan dan dikuasai dengan baik

dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat

menjelaskan materi tentang : pengertian dan asal-usul

sepak bola

 Memberikan Acuan

- Memberitahukan tentang RPP (Rencana Pelaksannan

Pembelajaran) yang didalamnya berisikan kompetensi inti,

kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK),

tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan KKM pada

pertemuan yang berlangsung.

- Memberitahukan materi yang akan dibahas/dipelajari pada

pertemuan saat itu.

- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai

dengan langkah-langkah pembelajaran (kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup)

Kegiatan Inti STIMULASI/MEMBERIKAN RANGSANGAN 90 Menit

Kegiatan Literasi

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan

perhatian peserta didik pada topik materi Pengertian dan asal-

usul sepak bola dengan cara :

 Mengamati

→ Mengamati gambar/poster/video mengenai sepak bola yang

ditayangkan oleh guru serta membuat catatan/kesimpulan

hasil pengamatan

 Membaca

→ Membaca dan mencari informasi dari buku paket PJOK atau

buku-buku PJOK lain, internet, dan sumber-sumber lain

yang relevan tentang materi Pengertian dan asal-usul sepak

bola

 Menanya

→ Menanyakan materi yang terkait dengan pengertian dan

asal-usul sepak bola. Misalnya : “Pada tanggal berapakah

sebuah badan yang disebut dengan English Football

Assosiation didirikan?”

 Menulis

→ Membuat catatan/resume terkait dengan materi pengertian

dan asal-usul sepak bola

IDENTIFIKASI MASALAH

Menumbuhkan Cara Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dipahami terkait

dengan pengertian dan asal-usul sepak bola agar peserta didik

dapat mengerti juga memahami setelah guru menjelaskan dan

memberikan jawaban

→ Kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar

mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan materi

pengertian dan asal-usul sepakbola lalu mencari solusi

untuk menyelesaikan permasalahan guna untuk

menumbuhkan rasa keingintahuan peserta didik dan

menimbulkan kreatifitas yang dapat membentuk pikiran kritis

peserta didik

PENGUMPULAN DATA

Kegiatan Literasi

 Mengamati Obyek

Mengamati dengan seksama materi Pengertian dan asal-usul

sepak bola yang dipelajari dan membuat catatan/kesimpulan

mengenai materi tersebut.

 Membaca buku PJOK lain atau sumber lain yang relevan

Mencari informasi dan membaca berbagai referensi dari

berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan

pemahaman tentang materi Pengertian dan asal-usul sepak

bola.

 Membuat catatan/kesimpulan

Membuat catatan dan kesimpulan kemudian menyusun daftar

pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berkaitan

dengan materi Pengertian dan asal-usul sepak bola.

 Menanyakan

Mengajukan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan materi

Pengertian dan asal-usul sepak bola yang telah disusun dalam

daftar pertanyaan

Kolaborasi/Kerjasama

Guru membentuk kelompok belajar untuk :

 Mendiskusikan

Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan secara

bersama-sama teman sekelompoknya tentang materi yang

dipelajari

 Mengumpulkan informasi

Mencari informasi dan membuat catatan serta kesimpulan

tentang materi Pengertian dan asal-usul sepak bola yang

menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.

 Mempresentasikan

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau

mempresentasikan materi Pengertian dan asal-usul sepak bola

sesuai dengan pemahamannya sebagaimana yang telah

didiskusikan bersama teman sekelompoknya.

 Bertukar pendapat dan saling memberikan informasi sesuai

dengan pengetahuan dan pemahamannya

PENGOLAHAN DATA

Kolaborasi/Kerjasama Dan Berpikir Kritik (Critical Thinking)

→ Berdiskusi tentang data dari materi pengertian dan asal-usul

sepak bola

→ Mengolah informasi dari materi Pengertian dan asal-usul

sepak bola yang sudah dikumpulkan dari hasil

kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan

mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang

sudah dipelajari dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada

lembar kerja.

→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi

Pengertian dan asal-usul sepak bola

VERIFIKASI/PEMBUKTIAN

Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan

memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori

pada buku sumber melalui kegiatan :

→ Menambah keluasan dan kedalaman dalam pengolahan

informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber

yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang

bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,

taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur

dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam

membuktikan tentang materi Pengertian dan asal-usul sepak

bola

Misalnya : Peserta didik dan guru secara bersama-sama

membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh

peserta didik.

MENARIK KESIMPULAN

Komunikasi

→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengertian dan

asal-usul sepak bola berupa kesimpulan berdasarkan hasil

analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk

mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan

berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi

Pengertian dan asal-usul sepak bola

→ Audience (peserta didik) mengemukakan pendapat atas

presentasi yang dilakukan tentang materi Pengertian dan

asal-usul sepak bola dan ditanggapi oleh kelompok yang

mempresentasikan.

→ Bertanya tentang materi Pengertian dan asal-usul sepak bola

yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan

untuk menjawabnya.

Kreatifitas

→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam

kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan

pengamatan secara tertulis tentang materi pengertian dan

asal-usul sepak bola.

→ Menjawab pertanyaan tentang materi Pengertian dan asal-

usul sepak bola yang terdapat pada buku pegangan peserta

didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru

melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan

dengan materi Pengertian dan asal-usul sepak bola yang

akan selesai dipelajari.

→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengertian dan

asal-usul sepak bola yang terdapat pada buku pegangan

peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan

secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap

materi pelajaran.

Catatan : Selama proses pembelajaran mengenai materi Pengertian dan asal-usul sepak

bola berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi

sikap: disiplin, rajin dan tekun, rasa percaya diri, berperilaku jujur, bertanggungjawab,

rasa keingintahuan, solidaritas dan peduli lingkungan

Penutup  Peserta didik membuat resume/kesimpulan terkait point-point 15 Menit

penting dalam kegiatan pembelajaran tentang materi

Pengertian dan asal-usul sepak bola yang telah dipelajari

kemudian mempelajari atau mengulang-ulangnya kembali di

rumah guna menambah wawasan dan hafalan

 Guru :

→ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai dan langsung

diperiksa untuk materi pelajaran Pengertian dan asal-usul

sepak bola

→ Memberikan penilaian kepada peserta didik yang selesai

mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja

dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat

 Refleksi :

→ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah

dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang

ditetapkan.

Pertemuan Ke-2 (3 x 40 Menit)

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI

WAKTU

Pendahuluan  Orientasi 15 Menit

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa

sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk

memulai pembelajaran.

 Presensi

Memeriksa kehadiran peserta didik dan menanyakan kondisi

kesehatan peserta didik secara umum.

 Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi

terlebih dahulu untuk membangkitkan minat belajar peserta

didik dengan cara:

- Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang

akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi

awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari

sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan

sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang

akan dipelajari

 Motivasi

- Menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan

mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam

kehidupan sehari-hari.

- Jika materi pelajaran dikerjakan dan dikuasai dengan baik

dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat

menjelaskan materi tentang : Lapangan dan perlengkapan

sepak bola

 Memberikan Acuan

- Memberitahukan tentang RPP (Rencana Pelaksannan

Pembelajaran) yang didalamnya berisikan kompetensi inti,

kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK),

tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan KKM pada

pertemuan yang berlangsung.

- Memberitahukan materi yang akan dibahas/dipelajari pada

pertemuan saat itu.

- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai

dengan langkah-langkah pembelajaran (kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup)

Kegiatan Inti STIMULASI/MEMBERIKAN RANGSANGAN 90 Menit

Kegiatan Literasi

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan

perhatian peserta didik pada topik materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola dengan cara :

 Mengamati

→ Mengamati gambar/poster/video mengenai sepak bola yang

ditayangkan oleh guru serta membuat catatan/kesimpulan

hasil pengamatan

 Membaca

→ Membaca dan mencari informasi dari buku paket PJOK atau

buku-buku PJOK lain, internet, dan sumber-sumber lain

yang relevan tentang materi Lapangan dan perlengkapan

sepak bola

 Menanya

→ Menanyakan materi yang terkait dengan Lapangan dan

perlengkapan sepak bola. Misalnya : “Berapakah ukuran

lapangan sepak bola?”

 Menulis

→ Membuat catatan/resume terkait dengan materi pengertian

dan asal-usul sepak bola

IDENTIFIKASI MASALAH

Menumbuhkan Cara Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dipahami terkait

dengan pengertian dan asal-usul sepak bola agar peserta didik

dapat mengerti juga memahami setelah guru menjelaskan dan

memberikan jawaban

→ Kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar

mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan materi

pengertian dan asal-usul sepakbola lalu mencari solusi

untuk menyelesaikan permasalahan guna untuk

menumbuhkan rasa keingintahuan peserta didik dan

menimbulkan kreatifitas yang dapat membentuk pikiran kritis

peserta didik

PENGUMPULAN DATA

Kegiatan Literasi

 Mengamati Obyek

Mengamati dengan seksama materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola yang dipelajari dan membuat

catatan/kesimpulan mengenai materi tersebut.

 Membaca buku PJOK lain atau sumber lain yang relevan

Mencari informasi dan membaca berbagai referensi dari

berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan

pemahaman tentang materi Lapangan dan perlengkapan sepak

bola.

 Membuat catatan/kesimpulan

Membuat catatan dan kesimpulan kemudian menyusun daftar

pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berkaitan

dengan materi Lapangan dan perlengkapan sepak bola.

 Menanyakan

Mengajukan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan materi

Lapangan dan perlengkapan sepak bola yang telah disusun

dalam daftar pertanyaan

Kolaborasi/Kerjasama

Guru membentuk kelompok belajar untuk :

 Mendiskusikan

Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan secara

bersama-sama teman sekelompoknya tentang materi yang

dipelajari

 Mengumpulkan informasi

Mencari informasi dan membuat catatan serta kesimpulan

tentang materi Lapangan dan perlengkapan sepak bola yang

menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.

 Mempresentasikan

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau

mempresentasikan materi Lapangan dan perlengkapan sepak

bola sesuai dengan pemahamannya sebagaimana yang telah

didiskusikan bersama teman sekelompoknya.

 Bertukar pendapat dan saling memberikan informasi sesuai

dengan pengetahuan dan pemahamannya

PENGOLAHAN DATA

Kolaborasi/Kerjasama Dan Berpikir Kritik (Critical Thinking)

→ Berdiskusi tentang data dari materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola

→ Mengolah informasi dari materi Lapangan dan perlengkapan

sepak bola yang sudah dikumpulkan dari hasil

kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan

mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang

sudah dipelajari dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada

lembar kerja.

→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi

Lapangan dan perlengkapan sepak bola

VERIFIKASI/PEMBUKTIAN

Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan

memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori

pada buku sumber melalui kegiatan :

→ Menambah keluasan dan kedalaman dalam pengolahan

informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber

yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang

bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,

taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur

dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam

membuktikan tentang materi Lapangan dan perlengkapan

sepak bola

Misalnya : Peserta didik dan guru secara bersama-sama

membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh

peserta didik.

MENARIK KESIMPULAN

Komunikasi

→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola berupa kesimpulan berdasarkan

hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk

mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan

berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi

Lapangan dan perlengkapan sepak bola

→ Audience (peserta didik) mengemukakan pendapat atas

presentasi yang dilakukan tentang materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola dan ditanggapi oleh kelompok yang

mempresentasikan.

→ Bertanya tentang materi Lapangan dan perlengkapan sepak

bola yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan

untuk menjawabnya.

Kreatifitas

→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam

kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan

pengamatan secara tertulis tentang materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola.

→ Menjawab pertanyaan tentang Lapangan dan perlengkapan

sepak bola yang terdapat pada buku pegangan peserta didik

atau lembar kerja yang telah disediakan.

→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru

melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan

dengan materi Lapangan dan perlengkapan sepak bola yang

akan selesai dipelajari.

→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Lapangan dan

perlengkapan sepak bola yang terdapat pada buku pegangan

peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan

secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap

materi pelajaran.

Catatan : Selama proses pembelajaran mengenai materi Lapangan dan perlengkapan

sepak bola berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang

meliputi sikap: disiplin, rajin dan tekun, rasa percaya diri, berperilaku jujur,

bertanggungjawab, rasa keingintahuan, solidaritas dan peduli lingkungan

Penutup  Peserta didik membuat resume/kesimpulan terkait point-point 15 Menit

penting dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Lapangan

dan perlengkapan sepak bola yang telah dipelajari kemudian

mempelajari atau mengulang-ulangnya kembali di rumah guna

menambah wawasan dan hafalan

 Guru :

→ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai dan langsung

diperiksa untuk materi pelajaran Lapangan dan

perlengkapan sepak bola

→ Memberikan penilaian kepada peserta didik yang selesai

mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja

dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat

 Refleksi :

→ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah

dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang

ditetapkan.

Pertemuan Ke-3 (3 x 40 Menit)

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI

WAKTU

Pendahuluan  Orientasi 15 Menit

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa

sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk

memulai pembelajaran.

 Presensi

Memeriksa kehadiran peserta didik dan menanyakan kondisi

kesehatan peserta didik secara umum.

 Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi

terlebih dahulu untuk membangkitkan minat belajar peserta

didik dengan cara:

- Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang

akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi

awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari

sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan

sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang

akan dipelajari

 Motivasi

- Menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan

mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam

kehidupan sehari-hari.

- Jika materi pelajaran dikerjakan dan dikuasai dengan baik

dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat

menjelaskan materi tentang : Aktivitas pembelajaran

prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam

 Memberikan Acuan

- Memberitahukan tentang RPP (Rencana Pelaksannan

Pembelajaran) yang didalamnya berisikan kompetensi inti,

kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK),

tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan KKM pada

pertemuan yang berlangsung.

- Memberitahukan materi yang akan dibahas/dipelajari pada

pertemuan saat itu.

- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai

dengan langkah-langkah pembelajaran (kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup)

Kegiatan Inti STIMULASI/MEMBERIKAN RANGSANGAN 90 Menit

Kegiatan Literasi

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan

perhatian peserta didik pada topik materi Aktivitas pembelajaran

prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran

menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

dengan cara :

 Mengamati

→ Mengamati gambar/poster/video mengenai sepak bola yang

ditayangkan oleh guru serta membuat catatan/kesimpulan

hasil pengamatan

 Membaca

→ Membaca dan mencari informasi dari buku paket PJOK atau

buku-buku PJOK lain, internet, dan sumber-sumber lain

yang relevan tentang materi Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran

menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian

dalam

 Menanya

→ Menanyakan materi yang terkait dengan Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam. Misalnya : “Bagaimana cara menahan

bola dengan kaki bagian dalam?”

 Menulis

→ Membuat catatan/resume terkait dengan materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam

IDENTIFIKASI MASALAH

Menumbuhkan Cara Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dipahami terkait

dengan Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola

dan Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam agar peserta didik dapat mengerti juga

memahami setelah guru menjelaskan dan memberikan jawaban

→ Kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar

mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan materi

Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan

Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam lalu mencari solusi untuk

menyelesaikan permasalahan guna untuk menumbuhkan

rasa keingintahuan peserta didik dan menimbulkan

kreatifitas yang dapat membentuk pikiran kritis peserta didik

PENGUMPULAN DATA

Kegiatan Literasi

 Mengamati Obyek

Mengamati dengan seksama materi Aktivitas pembelajaran

prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran

menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

yang dipelajari dan membuat catatan/kesimpulan mengenai

materi tersebut.

 Membaca buku PJOK lain atau sumber lain yang relevan

Mencari informasi dan membaca berbagai referensi dari

berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan

pemahaman tentang materi Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan

bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam.

 Membuat catatan/kesimpulan

Membuat catatan dan kesimpulan kemudian menyusun daftar

pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berkaitan

dengan materi Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang

bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di

tanah dengan kaki bagian dalam.

 Menanyakan

Mengajukan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan materi

Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan

Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam yang telah disusun dalam daftar

pertanyaan

Kolaborasi/Kerjasama

Guru membentuk kelompok belajar untuk :

 Mendiskusikan

Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan secara

bersama-sama teman sekelompoknya tentang materi yang

dipelajari

 Mengumpulkan informasi

Mencari informasi dan membuat catatan serta kesimpulan

tentang materi Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang

bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di

tanah dengan kaki bagian dalam yang menggunakan bahasa

Indonesia yang baku dan benar.

 Mempresentasikan

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau

mempresentasikan materi Aktivitas pembelajaran prinsip dasar

menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola

yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam sesuai

dengan pemahamannya sebagaimana yang telah didiskusikan

bersama teman sekelompoknya.

 Bertukar pendapat dan saling memberikan informasi sesuai

dengan pengetahuan dan pemahamannya

PENGOLAHAN DATA

Kolaborasi/Kerjasama Dan Berpikir Kritik (Critical Thinking)

→ Berdiskusi tentang data dari Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan

bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

→ Mengolah informasi dari materi Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan

bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam yang

sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan

sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan

kegiatan mengumpulkan informasi yang sudah dipelajari

dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi

Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan

Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam

VERIFIKASI/PEMBUKTIAN

Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan

memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori

pada buku sumber melalui kegiatan :

→ Menambah keluasan dan kedalaman dalam pengolahan

informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber

yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang

bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,

taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur

dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam

membuktikan tentang materi Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan

bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

Misalnya : Peserta didik dan guru secara bersama-sama

membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh

peserta didik.

MENARIK KESIMPULAN

Komunikasi

→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam berupa kesimpulan berdasarkan hasil

analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk

mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan

berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi

Aktivitas pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan

Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam

→ Audience (peserta didik) mengemukakan pendapat atas

presentasi yang dilakukan tentang materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam dan ditanggapi oleh kelompok yang

mempresentasikan.

→ Bertanya tentang materi Aktivitas pembelajaran prinsip dasar

menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola

yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam yang

dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk

menjawabnya.

Kreatifitas

→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam

kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan

pengamatan secara tertulis tentang materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam.

→ Menjawab pertanyaan tentang Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan

bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam yang

terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja

yang telah disediakan.

→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru

melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan

dengan materi Aktivitas pembelajaran prinsip dasar

menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola

yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam yang akan

selesai dipelajari.

→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam yang terdapat pada buku pegangan

peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan

secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap

materi pelajaran.

Catatan : Selama proses pembelajaran mengenai materi Aktivitas pembelajaran prinsip

dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah

dengan kaki bagian dalam, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang

meliputi sikap: disiplin, rajin dan tekun, rasa percaya diri, berperilaku jujur,

bertanggungjawab, rasa keingintahuan, solidaritas dan peduli lingkungan

Penutup  Peserta didik membuat resume/kesimpulan terkait point-point 15 Menit

penting dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki

bagian dalam yang telah dipelajari kemudian mempelajari atau

mengulang-ulangnya kembali di rumah guna menambah

wawasan dan hafalan

 Guru :

→ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai dan langsung

diperiksa untuk materi pelajaran Aktivitas pembelajaran

prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas pembelajaran

menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian

dalam

→ Memberikan penilaian kepada peserta didik yang selesai

mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja

dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat

 Refleksi :

→ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah

dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang

ditetapkan.

Pertemuan Ke-4 (3 x 40 Menit)

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI

WAKTU

Pendahuluan  Orientasi 15 Menit

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa

sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk

memulai pembelajaran.

 Presensi

Memeriksa kehadiran peserta didik dan menanyakan kondisi

kesehatan peserta didik secara umum.

 Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi

terlebih dahulu untuk membangkitkan minat belajar peserta

didik dengan cara:

- Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang

akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi

awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari

sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan

sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang

akan dipelajari

 Motivasi

- Menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan

mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam

kehidupan sehari-hari.

- Jika materi pelajaran dikerjakan dan dikuasai dengan baik

dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat

menjelaskan materi tentang : Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola

 Memberikan Acuan

- Memberitahukan tentang RPP (Rencana Pelaksannan

Pembelajaran) yang didalamnya berisikan kompetensi inti,

kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK),

tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan KKM pada

pertemuan yang berlangsung.

- Memberitahukan materi yang akan dibahas/dipelajari pada

pertemuan saat itu.

- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai

dengan langkah-langkah pembelajaran (kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup)

Kegiatan Inti STIMULASI/MEMBERIKAN RANGSANGAN 90 Menit

Kegiatan Literasi

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan

perhatian peserta didik pada topik materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola dengan cara :

 Mengamati

→ Mengamati gambar/poster/video mengenai sepak bola yang

ditayangkan oleh guru serta membuat catatan/kesimpulan

hasil pengamatan

 Membaca

→ Membaca dan mencari informasi dari buku paket PJOK atau

buku-buku PJOK lain, internet, dan sumber-sumber lain

yang relevan tentang materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola

 Menanya

→ Menanyakan materi yang terkait dengan Bentuk-bentuk

aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola.

Misalnya : “Apa saja bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran

menendang dan menghentikan bola?”

 Menulis

→ Membuat catatan/resume terkait dengan materi Bentuk-

bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola

IDENTIFIKASI MASALAH

Menumbuhkan Cara Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dipahami terkait

dengan Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola agar peserta didik dapat mengerti juga

memahami setelah guru menjelaskan dan memberikan jawaban

→ Kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar

mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan materi

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola lalu mencari solusi untuk menyelesaikan

permasalahan guna untuk menumbuhkan rasa

keingintahuan peserta didik dan menimbulkan kreatifitas

yang dapat membentuk pikiran kritis peserta didik

PENGUMPULAN DATA

Kegiatan Literasi

 Mengamati Obyek

Mengamati dengan seksama materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola yang

dipelajari dan membuat catatan/kesimpulan mengenai materi

tersebut.

 Membaca buku PJOK lain atau sumber lain yang relevan

Mencari informasi dan membaca berbagai referensi dari

berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan

pemahaman tentang materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola.

 Membuat catatan/kesimpulan

Membuat catatan dan kesimpulan kemudian menyusun daftar

pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berkaitan

dengan materi Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran

menendang dan menghentikan bola.

 Menanyakan

Mengajukan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan materi

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola yang telah disusun dalam daftar pertanyaan

Kolaborasi/Kerjasama

Guru membentuk kelompok belajar untuk :

 Mendiskusikan

Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan secara

bersama-sama teman sekelompoknya tentang materi yang

dipelajari

 Mengumpulkan informasi

Mencari informasi dan membuat catatan serta kesimpulan

tentang materi Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran

menendang dan menghentikan bola yang menggunakan

bahasa Indonesia yang baku dan benar.

 Mempresentasikan

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau

mempresentasikan materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola sesuai

dengan pemahamannya sebagaimana yang telah didiskusikan

bersama teman sekelompoknya.

 Bertukar pendapat dan saling memberikan informasi sesuai

dengan pengetahuan dan pemahamannya

PENGOLAHAN DATA

Kolaborasi/Kerjasama Dan Berpikir Kritik (Critical Thinking)

→ Berdiskusi tentang data dari Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola

→ Mengolah informasi dari materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola yang

sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan

sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan

kegiatan mengumpulkan informasi yang sudah dipelajari

dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola

VERIFIKASI/PEMBUKTIAN

Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan

memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori

pada buku sumber melalui kegiatan :

→ Menambah keluasan dan kedalaman dalam pengolahan

informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber

yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang

bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,

taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur

dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam

membuktikan tentang materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola

Misalnya : Peserta didik dan guru secara bersama-sama

membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh

peserta didik.

MENARIK KESIMPULAN

Komunikasi

→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Bentuk-bentuk

aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola

berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,

tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap

jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,

mengungkapkan pendapat dengan sopan.

→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan

menghentikan bola

→ Audience (peserta didik) mengemukakan pendapat atas

presentasi yang dilakukan tentang materi Bentuk-bentuk

aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola

dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

→ Bertanya tentang materi Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran

menendang dan menghentikan bola yang dilakukan dan

peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Kreatifitas

→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam

kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan

pengamatan secara tertulis tentang materi Bentuk-bentuk

aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola.

→ Menjawab pertanyaan tentang Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola yang

terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja

yang telah disediakan.

→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru

melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan

dengan materi Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran

menendang dan menghentikan bola.

→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Aktivitas

pembelajaran prinsip dasar menendang bola dan Aktivitas

pembelajaran menahan bola yang bergulir di tanah dengan

kaki bagian dalam yang terdapat pada buku pegangan

peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan

secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap

materi pelajaran.

Catatan : Selama proses pembelajaran mengenai materi Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola, guru mengamati sikap siswa dalam

pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rajin dan tekun, rasa percaya diri,

berperilaku jujur, bertanggungjawab, rasa keingintahuan, solidaritas dan peduli

lingkungan

Penutup  Peserta didik membuat resume/kesimpulan terkait point-point 15 Menit

penting dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Bentuk-

bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan

bola yang telah dipelajari kemudian mempelajari atau

mengulang-ulangnya kembali di rumah guna menambah

wawasan dan hafalan

 Guru :

→ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai dan langsung

diperiksa untuk materi pelajaran Bentuk-bentuk aktivitas

pembelajaran menendang dan menghentikan bola

→ Memberikan penilaian kepada peserta didik yang selesai

mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja

dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat

 Refleksi :

→ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah

dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang

ditetapkan.

Pertemuan Ke-5 (3 x 40 Menit)

KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI

WAKTU

Pendahuluan  Orientasi 15 Menit

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, berdoa

sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk

memulai pembelajaran.

 Presensi

Memeriksa kehadiran peserta didik dan menanyakan kondisi

kesehatan peserta didik secara umum.

 Apersepsi

Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi

terlebih dahulu untuk membangkitkan minat belajar peserta

didik dengan cara:

- Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang

akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi

awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari

sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan

sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.

- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang

akan dipelajari

 Motivasi

- Menjelaskan tentang manfaat yang didapatkan dengan

mempelajari materi pelajaran yang akan dipelajari dalam

kehidupan sehari-hari.

- Jika materi pelajaran dikerjakan dan dikuasai dengan baik

dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan dapat

menjelaskan materi tentang : Aktivitas pembelajaran

gerak dasar menggiring bola (dribbling)

 Memberikan Acuan

- Memberitahukan tentang RPP (Rencana Pelaksannan

Pembelajaran) yang didalamnya berisikan kompetensi inti,

kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi (IPK),

tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan KKM pada

pertemuan yang berlangsung.

- Memberitahukan materi yang akan dibahas/dipelajari pada

pertemuan saat itu.

- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran sesuai

dengan langkah-langkah pembelajaran (kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup)

Kegiatan Inti STIMULASI/MEMBERIKAN RANGSANGAN 90 Menit

Kegiatan Literasi

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan

perhatian peserta didik pada topik materi Aktivitas pembelajaran

gerak dasar menggiring bola (dribbling) dengan cara :

 Mengamati

→ Mengamati gambar/poster/video mengenai sepak bola yang

ditayangkan oleh guru serta membuat catatan/kesimpulan

hasil pengamatan

 Membaca

→ Membaca dan mencari informasi dari buku paket PJOK atau

buku-buku PJOK lain, internet, dan sumber-sumber lain

yang relevan tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling)

 Menanya

→ Menanyakan materi yang terkait dengan Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling).

Misalnya : “Bagaimana teknik menggiring bola dengan kaki

bagian dalam?”

 Menulis

→ Membuat catatan/resume terkait dengan materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling)

IDENTIFIKASI MASALAH

Menumbuhkan Cara Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dipahami terkait

dengan Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola

(dribbling) agar peserta didik dapat mengerti juga memahami

setelah guru menjelaskan dan memberikan jawaban

→ Kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik agar

mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan materi

Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola

(dribbling) lalu mencari solusi untuk menyelesaikan

permasalahan guna untuk menumbuhkan rasa

keingintahuan peserta didik dan menimbulkan kreatifitas

yang dapat membentuk pikiran kritis peserta didik

PENGUMPULAN DATA

Kegiatan Literasi

 Mengamati Obyek

Mengamati dengan seksama materi Aktivitas pembelajaran

gerak dasar menggiring bola (dribbling) yang dipelajari dan

membuat catatan/kesimpulan mengenai materi tersebut.

 Membaca buku PJOK lain atau sumber lain yang relevan

Mencari informasi dan membaca berbagai referensi dari

berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan

pemahaman tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar

menggiring bola (dribbling).

 Membuat catatan/kesimpulan

Membuat catatan dan kesimpulan kemudian menyusun daftar

pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami berkaitan

dengan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring

bola (dribbling).

 Menanyakan

Mengajukan pertanyaan kepada guru berkaitan dengan materi

Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling)

yang telah disusun dalam daftar pertanyaan

Kolaborasi/Kerjasama

Guru membentuk kelompok belajar untuk :

 Mendiskusikan

Guru mengarahkan peserta didik untuk mendiskusikan secara

bersama-sama teman sekelompoknya tentang materi yang

dipelajari

 Mengumpulkan informasi

Mencari informasi dan membuat catatan serta kesimpulan

tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring

bola (dribbling) yang menggunakan bahasa Indonesia yang

baku dan benar.

 Mempresentasikan

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau

mempresentasikan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar

menggiring bola (dribbling) sesuai dengan pemahamannya

sebagaimana yang telah didiskusikan bersama teman

sekelompoknya.

 Bertukar pendapat dan saling memberikan informasi sesuai

dengan pengetahuan dan pemahamannya

PENGOLAHAN DATA

Kolaborasi/Kerjasama Dan Berpikir Kritik (Critical Thinking)

→ Berdiskusi tentang data dari Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling)

→ Mengolah informasi dari materi Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling) yang sudah dikumpulkan

dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari

kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi

yang sudah dipelajari dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan

pada lembar kerja.

→ Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi

Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola

(dribbling)

VERIFIKASI/PEMBUKTIAN

Berpikir Kritis (Critical Thinking)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan

memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori

pada buku sumber melalui kegiatan :

→ Menambah keluasan dan kedalaman dalam pengolahan

informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber

yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang

bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,

taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur

dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam

membuktikan tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling)

Misalnya : Peserta didik dan guru secara bersama-sama

membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh

peserta didik.

MENARIK KESIMPULAN

Komunikasi

→ Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling) berupa

kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis,

atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,

toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan

pendapat dengan sopan.

→ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang materi

Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring bola

(dribbling)

→ Audience (peserta didik) mengemukakan pendapat atas

presentasi yang dilakukan tentang materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling) dan

ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

→ Bertanya tentang materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar

menggiring bola (dribbling) yang dilakukan dan peserta didik

lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.

Kreatifitas

→ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam

kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa laporan

pengamatan secara tertulis tentang materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling).

→ Menjawab pertanyaan tentang Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling) yang terdapat pada buku

pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah

disediakan.

→ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru

melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan

dengan materi Aktivitas pembelajaran gerak dasar menggiring

bola (dribbling) yang akan selesai dipelajari.

→ Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling) yang

terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar

lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek

penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama proses pembelajaran mengenai materi Aktivitas pembelajaran gerak

dasar menggiring bola (dribbling), guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran

yang meliputi sikap: disiplin, rajin dan tekun, rasa percaya diri, berperilaku jujur,

bertanggungjawab, rasa keingintahuan, solidaritas dan peduli lingkungan

Penutup  Peserta didik membuat resume/kesimpulan terkait point-point 15 Menit

penting dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Aktivitas

pembelajaran gerak dasar menggiring bola (dribbling) yang

telah dipelajari kemudian mempelajari atau mengulang-

ulangnya kembali di rumah guna menambah wawasan dan

hafalan

 Guru :

→ Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai dan langsung

diperiksa untuk materi pelajaran Aktivitas pembelajaran

gerak dasar menggiring bola (dribbling)

→ Memberikan penilaian kepada peserta didik yang selesai

mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja

dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat

 Refleksi :

→ Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah

dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang

ditetapkan.

I. Penilaian Hasil Pembelajaran

1. Penilaian Sikap

- Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,

baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung

dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

Aspek Perilaku yang Dinilai Jumlah Skor Kode

No Nama Siswa

BS JJ TJ DS Skor Sikap Nilai

1 … 75 75 50 75 275 68,75 C

2 … ... ... ... ... ... ... ...

Keterangan :

• BS : Bekerja Sama

• JJ : Jujur

• TJ : Tanggun Jawab

• DS : Disiplin

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 – 25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

- Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka

peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar

penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan

dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan

kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi,

singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format

penilaian :

Tida Jumlah Skor Kode

No Pernyataan Ya

k Skor Sikap Nilai

Selama diskusi, saya ikut serta

1 50

mengusulkan ide/gagasan.

Ketika kami berdiskusi, setiap

2 anggota mendapatkan 50

kesempatan untuk berbicara. 250 62,50 C

Saya ikut serta dalam membuat

3 kesimpulan hasil diskusi 50

kelompok.

4 ... 100

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 =

62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 – 25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan

keterampilan

- Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri.

Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan

penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut

Contoh format penilaian teman sebaya:

Nama yang diamati : ...

Pengamat : ...

Jumlah Skor Kode

No Pernyataan Ya Tidak

Skor Sikap Nilai

1 Mau menerima pendapat teman. 100

Memberikan solusi terhadap

2 100

permasalahan.

Memaksakan pendapat sendiri 450 90,00 SB

3 100

kepada anggota kelompok.

4 Marah saat diberi kritik. 100

5 ... 50

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan

untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 =

90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 – 25,00 = Kurang (K)

- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

2. Penilaian Pengetahuan

a. Teknik Penilaian: Ujian Tulis

b. Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran

a. Soal ujian tulis

Nama : …………………………………………………

Kelas : …………………………………………………

No. Aspek dan Soal Uji Tulis Jawaban

1 Fakta

Sebutkan berbagai gerak dasar menendang dan

menahan bola permainan sepak bola.

Sebutkan berbagai dasar menggiring bola

permainan sepak bola.

2 Konsep

Jelaskan berbagai gerak dasar menendang dan

menahan bola permainan sepak bola.

Jelaskan berbagai dasar menggiring bola

permainan sepak bola.

3 Prosedur

Jelaskan cara melakukan berbagai gerak dasar

menendang dan menahan bola permainan sepak

bola.

Jelaskan cara melakukan berbagai dasar

menggiring bola permainan sepak bola.

b. Pedoman penskoran

1) Penskoran

a) Soal nomor 1

(1) Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap

(2) Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap

(3) Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap

b) Soal nomor 2

(1) Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap

(2) Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap

(3) Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap

(4) Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap

c) Soal nomor 3

(1) Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap

(2) Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap

(3) Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap

d) Soal nomor 4

(1) Skor 4, jika urutan benar dan lengkap

(2) Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap

(3) Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap

(4) Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.

2) Pengolahan skor

Skor maksimum: 24

Skor perolehan siswa: SP

Nilai yang diperoleh siswa: SP/24 X 100

3. Penilaian Keterampilan

a. Lembar pengamatan proses gerak dasar menendang, menahan dan menggiring

bola permainan sepak bola

1) Teknik penilaian

Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)

2) Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran

Siswa diminta untuk melakukan gerakan menendang, menahan dan

menggiringbola permainan sepak bola yang dilakukan berpasangan,

berkelompok ataudalam bentuk bermain.

Nama : ………………………………………………..

Kelas : ………………………………………………..

Petugas Pengamatan : ………………………………………………..

a) Petunjuk Penilaian

Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap siswa

menunjukkan atau menampilkan gerak yang diharapkan.

b) Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak Spesifik

Hasil Penilaian

No Indikator Penilaian Cukup Kurang

Baik (3)

(2) (1)

1 Sikap awalan melakukan gerakan

Sikap pelaksanaan melakukan

2

gerakan

3 Sikap akhir melakukan gerakan

Skor Maksimal (9)

3) Pedoman Penskoran

 Penskoran

(1) Sikap awalan melakukan gerakan

Skor baik jika:

(a) sikap berdiri menghadap arah bola.

(b) letakkan kaki tumpu di samping bola dengan sikap lutut

agaktertekuk.

(c) sikap kedua lengan di samping badan agak terentang.

Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.

Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara

benar.

(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan

Skor baik jika:

(a) badan menghadap ke arah sasaran. Kemudian jemputlah bola

yangmeluncur agar mudah mengontrolnya.

(b) putarlah tungkai yang akan digunakan untuk menerima bola yang

datang. Dengan sedikit mengangkat kaki, kaki bagian

dalammengenai bola hingga gerakan terhenti.

(c) badan agak membungkuk, lengan mengimbangi badan.

(d) pandangan mengarah ke bola.

Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.

Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan

secara benar.

(3) Sikap akhir melakukan gerakan

Skor baik jika:

(a) pandangan mata ke arah lepasnya/dorongan bola.

(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak

diantara kedua kaki

(c) kaki yang menyepak bola berada di depan menghadap ke

bawahdengan posisi badan rileks.

Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.

Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

 Pengolahan skor

Skor maksimum: 9

Skor perolehan siswa: SP

Nilai keterampilan yang diperoleh siswa: SP/9 X 100

b. Lembar pengamatan penilaian hasil gerak dasar menendang, menahan dan

menggiringbola permainan sepak bola.

1) Penilaian hasil gerak dasar menendang dan menahan bola

a) Tahap pelaksanaan pengukuran

Penilaian hasil/produk keterampilan gerak spesifik menendang

danmenahan bola dilakukan siswa selama 30 detik dengan dengan cara :

(1) Mula-mula siswa berdiri di tengan-tengah antara papan pantul.

(2) Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa

mulaimenendang dan menahan bola secara bergantian ke kiri dan

kekanan.

(3) Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukanoleh

siswa.

(4) Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan

benarmemenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

b) Konversi jumlah ulangan dengan skor

Perolehan Nilai

Predikat Nilai Klasifikasi Nilai

Putera Puteri

…… ≥ 20 kali …… ≥ 15 kali 86 - 100 Sangat Baik

17 – 19 kali 12 – 14 kali 71 - 85 Baik

14 – 16 kali 9 – 11 kali 56 - 70 Cukup

........ ≤ 13 kali ........ ≤ 8 kali ........ ≤ 55 Kurang

2) Penilaian hasil dasar menggiring bola

a) Tahap pelaksanaan pengukuran

Penilaian hasil/produk gerak spesifik menendang dan menahan

boladilakukan siswa selama 30 detik dengan dengan cara:

(1) Mula-mula siswa berdiri dibelakang garis start.

(2) Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa

mulaimenggiring bola melewati rintangan (corong atau kursi

yangdipasang secara zig-zag) sebanyak 10 rintangan.

(3) Petugas menghitung ulangan/rintangan yang dilewati yang

dapatdilakukan oleh siswa.

(4) Jumlah ulangan/rintangan yang dilalui yang dilakukan denganbenar

memenuhi persyaratan dihitung

b) Konversi jumlah ulangan dengan skor

Perolehan Nilai

Predikat Nilai Klasifikasi Nilai

Putera Puteri

…… ≥ 12 …… ≥ 10 86 - 100 Sangat Baik

rintangan rintangan

10 – 11 8 – 9 rintangan 71 - 85 Baik

rintangan

8 – 9 rintangan 6 – 7 rintangan 56 - 70 Cukup

....... ≤ 7 ...... ≤ 5 ........ ≤ 55 Kurang

rintangan rintangan

4. Remedial

Remedial dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah

diajarkan pada siswa, nilai yang dicapai tidak memenuhi KBM (Ketuntasan Belajar

Minimal) atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan.Berikut contoh

format remedial terhadap tiga siswa.

Target

Bentuk Nilai

Sis KI Mate Indika KBM/

No Aspek Remedi Ket

wa ri tor KKM Rem

KD al Awal

edial

1

2

3

4

5

dst

Keterangan Orang Tua Siswa :


5. Pengayaan

Pengayaan dilakukan apabila setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah

diajarkan pada siswa, nilai yang dicapai tidak memenuhi KBM (Ketuntasan Belajar

Minimal) atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditentukan.Berikut contoh

format pengayaan terhadap tiga siswa.

Target

Bentuk Nilai

Sis KI Mate Indika KBM/

No Aspek Remedi Ket

wa ri tor KKM Reme

KD al Awal

dial

1

2

3

4

5

dst

Keterangan Orang Tua Siswa :

Medan, 21 November 2018

Mengetahui

Kepala Sekolah, Guru Pamong,




Herlina, S.Pd, M.Si M. Salim Harahap, S.Pd

NIP.197202261994122003 NIP.198609162011011006


Catatan Kepala Sekolah

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................



Source

No comments:

Post a Comment